Saturday, May 30, 2015

Icons and Tiles Universal Windows Apps (package.appxmanifest)

Assalamu'alaikum blogs... I'M BACK!! :D Salam sejahtera untuk kita semua.

Kali ini gw akan coba berbagi pengalaman gw tentang memasukan/mengganti Icons dan Tiles pada Universal Windows Apps. Icons Tiles salah satu hal yang penting dalam mengembangkan aplikasi apapun, termasuk Universal Windows Apps ini. Dimana icon dapat menjadi pengganti identitas dari aplikasi tersebut.

Posting kali ini akan membahas gambar yang dilingkari dibawah ini.. yaitu package.appxmanifest



Pada gambar diatas ada 2 package.appxmanifest, dimana file yang pertama atau yang atas adalah package.appxmanifest yang dimiliki project Windows 8.1. Sedangkan yang kedua atau yang bawah adalah yang dimiliki project Windows Phone 8.1

Setelah salah satu file tersebut dibuka yang merupakan representasi dari salah satu project, akan terbuka jendela package.appxmanifest, kita langsung menuju Visual Assets.


Kemudian disebelah kiri kita pilih All Image Assets, ini untuk menampilkan semua assets yang harus/akan diganti maupun ditambahkan.



After that, kita langsung menuju ke tiap-tiap tiles yang akan diganti.

1. Windows 8.1











2. Windows Phone 8.1












Jika diperhatikan, pada package.appxmanifest Windows 8.1 maupun Windows Phone 8.1, icon yang dipasang terlihat sejajar dari atas sampai bawah (pada Scale yang sama), itu karena aplikasi yang kita buat akan mencari icon yang memiliki scale yang sama. Sebagai contoh, apabila ada 1 icon yang ditempatkan pada scale yang berbeda, maka saat melakukan deploy akan terjadi error.


Selanjutnya, jika kalian menemukan peringatan invalid seperti ini..


itu berarti ukuran (dimension) image yang kalian masukan tidak sesuai dengan yang seharusnya, dan jangan memaksakan untuk memasukan image tersebut meskipun akan diterima oleh package.appxmanifest tersebut.

Nah sekarang sudah tau kan cara memasukan atau menganti icon untuk aplikasi kita. Kalian bisa menggunakan tools pengolah gambar apapun untuk mengubah/menentukan ukuran/dimensi icon yang telah kalian buat menjadi ukuran/dimensi yang diminta oleh package.appxmanifest.


Sekian share kali ini ya blogs, nantikan info-info selanjutnya, dan semoga share kali ini bermanfaat untuk kita semua..



Terima Kasih
Wassalamu'alaikum....

0 comments:

Post a Comment