Friday, May 29, 2015

Windows Runtime vs Silverlight (Item Nav, LoadState, and MessageBox)

Assalamu'alaikum blogs... come back with me :) salam sejahtera untuk kita semua.

nah kali ini gw mau coba share nih tentang perbandingan antara Windows Runtime dengan Windows Silverlight dalam pengembangan aplikasi Windows Store Apps, Windows Phone Apps, maupun Universal Windows Apps.

FYI aja, sebelumnya gw terbiasa membuat aplikasi Windows Phone 8 tapi pakai yang Silverlight, tapi saat mengembangkan Universal Windows Apps, ternyata menggunakan teknologi Runtime. and those two are different..

kali ini ada beberapa yang mau gw ulas, apa aja sih yang berbeda antara Runtime dengan Silverlight, ini hanya beberapa aja, belum semua bisa gw explore soalnya.. hehehe

1. Item/Page Navigation
       Windows Runtime

      Silverlight

Jika dilihat, untuk codingan navigate nya saja sudah berbeda. Untuk WinRT mengunakan class Frame.Navigate() ,dimana page yang dituju adalah sebuah class. Sedangkan Silverlight menggunakan NavigationService.Navigate(), yang menggunakan Uri.

Untuk item navigation nya intinya tidak jauh berbeda maksudnya, hanya syntaxnya yang berbeda. Kemudian juga sender yang dipakai, untuk Runtime yang gw gunakan itu menggunakan ItemClickEventArgs sedangkan Silverlight dengan SelectionChangeEventArgs

2. Item LoadState from Navigation
     Runtime

     Silverlight
Bisa dilihat pada syntax WinRT, method NavigationHelper_LoadState() sudah di-generate saat membuat page baru. Untuk menerima data yang dikirimkan dari page sebelumnya, hanya diperlukan NavigationParameter. Sedangkan pada silverlight harus mengunakan override void OnNavigatedTo () seperti diatas. Sebenarnya WinRT pun ada method OnNavigatedTo() juga, hanya saja WinRT sudah otomatis terdeklarasi saat membuat page baru, sedangkan Silverlight tidak,

3. MessegeBox.show()
       Runtime

       Silverlight
 
Sudah tampak jelas perbedaan keduannya. Memang jika terbiasa dengan Silverlight, kalian akan bingung mencari MessageBox di WinRT, sebab memang cara menampilkannya pun beda, tidak ada class MessageBox di WinRT.

Nah sekarang sudah tau kan beberapa perbedaan antara Windows Runtime dengan Silverlight?? namun keduanya tidak ada yang paling baik maupun paling buruk, keduanya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, dan yang jelas untuk mengembangkan Universal Windows Apps, kalian harus pakai Windows Runtime.

Sekian share kali ini ya blogs, nantikan info-info selanjutnya, dan semoga share kali ini bermanfaat untuk kita semua..


Terima Kasih
Wassalamu'alaikum....

0 comments:

Post a Comment